Tentang Kami

Masakan Indonesia yang Wajib Disantap, Ada begitu banyak destinasi di Asia Tenggara yang menawarkan wisata alam yang indah dan budaya yang semarak — namun, tidak banyak yang bisa menawarkan ‘paket lengkap’. Inilah sebabnya mengapa Indonesia sebagai tujuan dengan mudah merebut hati para pelancong di seluruh dunia karena selain dari pemandangannya yang megah dan orang-orangnya yang ramah, negara ini juga merupakan petualangan gastronomi yang luar biasa! (Makanan Indonesia)

Dari gorengan hingga berbagai salad, dari sate hingga nasi berbumbu… jalanan dan kedai makanan Indonesia yang beragam pasti memiliki beragam masakan lezat untuk ditawarkan kepada hampir semua selera.

Dengan demikian, pengunjung TIDAK boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan lokal terbaik yang ditawarkan Indonesia; lagi pula, ada banyak hal yang bisa dinikmati dengan memadukan bahan-bahan lokal dan gaya memasak tradisional. Dengan bantuan panduan ini sebagai permulaan, pergi dan manjakan diri Anda dengan hidangan makanan Indonesia berikut di antara banyak lainnya!

Masakan Indonesia yang Wajib Disantap

1. Nasi Goreng

Nasi goreng, yang secara harfiah berarti ‘nasi goreng’, adalah makanan pokok dan favorit Indonesia di kalangan penduduk lokal dan turis. Bahkan, sering disebut sebagai hidangan nasional teratas Indonesia — meskipun ada banyak pesaing lain untuk gelar ini.

Bagaimanapun, ini dapat ditemukan di mana saja: dari gerobak makanan jalanan yang sederhana hingga restoran kelas atas. Bahan-bahannya terutama terdiri dari berbagai rempah-rempah Indonesia, dicampur dengan telur dadar suwir (atau telur mata sapi), beberapa potong daging (biasanya ayam atau kadang udang), dan sayuran. Sekarang, tentu saja, nasi goreng di Asia sudah umum, tetapi yang membedakan nasi goreng dari yang lain adalah rasanya yang aromatik dan bersahaja karena ditambahkannya terasi dan kecap manis ke dalamnya.

2. Gado-Gado

Penduduk setempat menyebut hidangan ini sebagai ‘salad sayuran Indonesia’ karena gado-gado berisi sayuran yang direbus atau dikukus seperti tauge, kacang panjang, kentang, bayam, bersama dengan tahu dan tempe, lalu disiram dengan saus kacang pedas yang kental. Itu juga sering disajikan dengan lontong yang dibungkus daun pisang atau lontong, serta beberapa telur rebus.

Ini bisa dibilang salah satu hidangan makanan Indonesia yang paling sehat, yang disukai dan popularitasnya telah membantu menjadikan ini salah satu dari 5 hidangan nasional negara (sisanya adalah soto atau sup Indonesia, rendang, sate atau sate, dan nasi goreng — jadi ambil perhatikan hidangan lainnya ini juga!).

3. Sate

Ini sangat populer yang tidak hanya menyebar jauh dan luas di seluruh Asia Tenggara, tetapi juga dengan mudah dibeli dari warung keliling, jajanan kaki lima, atau bahkan restoran kelas atas di Indonesia.

Pada dasarnya, ini adalah daging panggang atau panggang dari tusuk sate ayam, sapi, kambing, ikan, babi, atau bahkan daging eksotis. Itu direndam dalam campuran khusus kecap dan rempah-rempah dan kemudian dipanggang di atas kayu atau api arang. Tusuk sate yang berair kemudian sering ditaburi dengan bumbu seperti saus kacang (sering disebut saus sate) atau kecap dengan cabai. Meskipun ini biasanya dimakan apa adanya, saya pribadi suka memakannya bersama dengan semangkuk nasi panas!

4. Rendang

Rendang adalah hidangan daging Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Dan hidangan ini terkenal dengan proses memasak dan rasanya yang lama. Dan Rendang aslinya menggunakan daging sapi, namun ada beberapa variasi sesuai selera dan kesukaan pelanggan. Setelah direbus dalam santan dan bumbu hingga cairannya menguap dan dagingnya menjadi empuk dan berwarna kecoklatan, banyak orang yang sering mengira bahwa ini adalah masakan kari — namun, makanan Indonesia ini tidak demikian karena cairannya lebih sedikit daripada kuahnya. kebanyakan kari.

Namun demikian, rendang adalah ledakan segudang rasa dan dianggap sebagai salah satu makanan lokal paling terkenal di Indonesia. Sejujurnya, CNN bahkan mendeklarasikannya sebagai hidangan terlezat #1 dari ’50 Makanan Paling Lezat Dunia’ mereka.

5. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah salah satu dari banyak makanan Indonesia yang berbahan dasar nasi dan secara harfiah berarti ‘nasi campur’ dalam dialek Betawi. Apa yang akan Anda sukai dari ini adalah nasi di piring dimasak dalam santan bersama dengan daun pandan, serai, cengkeh, dan kayu manis. Ini menghasilkan nasi yang lebih creamy, lebih gurih, dan beraroma yang cocok dipadukan dengan tempe atau teri!

Selama bertahun-tahun, ini menjadi santapan sarapan populer yang sering dijual dengan lauk pauk seperti telur, bihun goreng, atau lontong.

6. Mie Aceh

Selain hidangan daging pedas dan nasi goreng rasa. Orang Indonesia juga mengkhususkan diri pada mie sebagai bagian dari masakan lokal mereka. Mie aceh, misalnya, adalah hidangan mie kari pedas dari Aceh.

Menggunakan mie kuning kental yang khas buatan sendiri, mie aceh biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, domba, seafood (udang atau kepiting), serta sayuran seperti tauge, bawang putih, kol, dan tomat. Dibumbui dengan campuran pedas yang dipadukan dengan cabai, bawang merah, jintan, kapulaga, dan jintan saat disajikan dalam sup kaya kari panas. Untuk jajanan Indonesia yang satu ini, bisa dengan mudah dibeli di pedagang kaki lima atau di tempat makan jajanan.

7. Kerak Telor

Kerak telor adalah omelet pedas Betawi yang trendi, camilan makanan Indonesia yang hanya ditemukan di tempat-tempat ikonik tertentu. Jika tidak di acara besar seperti Pekan Raya Jakarta tahunan.

Biasanya dimasak oleh pedagang di wajan kecil di atas arang di mana sebagian kecil ketan atau ketan dimasak dengan telur dan kemudian ditambahkan dengan topping seperti serundeng (kelapa parut goreng), bawang merah, udang kering, dan merica. Terkadang, seluruh potongan kemudian dicampur dengan telur bebek atau ayam dan disajikan panas di atas kertas.

8. Bakso

Bakso atau baso adalah masakan sop atau pasta daging khas Indonesia yang terbuat dari surimi daging sapi. Dan merupakan jajanan kaki lima favorit di tanah air. Dan Bakso terutama terbuat dari daging sapi dan tapioka yang membuatnya berair dan empuk dan disatukan dalam mangkuk dengan mie beras, mie telur, dan beberapa sayuran.

Di seluruh negeri, ada beberapa variasi bakso, tetapi semuanya mengandung tiga bahan utama ini: bakso, mie, dan kaldu (tetapi bakso kuah adalah sup bakso yang disajikan tanpa mie). Bakso biasanya dijual di gerobak kecil atau tempat makan di sepanjang jalan. Tetapi juga merupakan makanan Indonesia yang sangat populer sehingga Anda dapat dengan mudah membeli makanan siap masak dari bagian makanan beku supermarket.